Ketangguhan Indonesia dalam Menghadapi Bencana

20 February 2011

Sabrina Adani Katili

13007100

Definisi bencana menurut UU No. 24/2007 : PB adalah “Peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yg disebabkan, baik faktor alam, non alam maupun manusia, sehingga menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis”.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, terletak di antara benua Asia dan benua Australia dan di antara Lautan Hindia dan Lautan Pasifik. Indonesia adalah negera yang sangat istimewa yang dilihat dari faktor alam, non alam maupun faktor manusia. Indonesia memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana alam yang tinggi dilihat dari kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang dimilikinya.

Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia yaitu lempeng Indo Australia, Eurasia dan Pasifik, yang berpotensi menimbulkan gempa bumi apabila lempeng-lempeng tersebut bertumbukan. Selain itu, Indonesia juga mempunyai 129 gunung api aktif, 80 diantaranya berbahaya. Bencana yang melanda indonesia antara lain, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, tanah longsor, gagal teknologi, kebakaran hutan/lahan, epidemi, wabah penyakit, konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat, aksis teror dan lain-lain.

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) didirikan dengan tujuan menanggulangi bencana-bencana yang terjadi dimana bencana tersebut terjadi dengan intensitas dan kualitas yang tinggi. Dari diskusi Kepala BNPB dan Mahasiswa ITB, Kepala BNPB, Dr. Syamsul Maarif menyampaikan bahwa perguruan tinggi besar di seluruh Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi pusat kajian kebencana alaman dunia dengan ciri khas di masing-masing daerah.

Hal ini merupakan hal yang sangat baik sehingga nantinya Indonesia dapat menjadi negara yang berpengaruh di dunia, Indonesia dapat menjadi negara yang tidak hanya dapat menerima bantuan tapi juga memberikan ilmu yang berguna bagi negara lain sehingga dapat menjadi negara yang memberikan berkontribusi bagi keamanan dan keselamatan penduduk bumi ini. Menurut saya ide tersebut sangat brilian, tapi masih banyak elemen yang mengeluhkan kinerja BNPB yang jauh dari harapan dalam menanggulangi bencana (1). Keluhan-keluhan yang terjadi tersebut dipengaruhi oleh badan lain non-pemerintah yang dijadikan pembanding dalam penanggulangan bencana. Pemerintah yang diwakili oleh lembaga BNPB sering dikatakan tidak sigap bila dibandingkan dengan lembaga non-pemerintah, Palang Merah Indonesia (2),(3),(4),(5) .

Dengan adanya masukan-masukan seperti itu, layaknya, BNPB harus melakukan perbaikan dan belajar lagi dari Palang Merah Indonesia untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang dimiliki. BNPB semestinya tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk belajar lebih baik dari Palang Merah Indonesia yang mana Palang Merah Indonesia merupakan lembaga dalam negeri non-pemerintah yang paling dekat di antara lembaga-lembaga bantuan lain yang dikirim oleh negara lain.

Memang, dalam memberikan bantuan, seharusnya masyarakat tidak membandingkan kinerja satu lembaga dengan lembaga yang lain. Tetapi, BNPB dalam hal ini perwakilan dari pemerintah harus terus berusaha belajar memperbaiki diri dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

 

 

Referensi

(1) http://news.okezone.com/read/2010/10/29/340/387909/kinerja-bnpb-jauh-dari-harapan

(2) http://www.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=10263

(3) http://www.inilah.com/read/detail/933042/pmi-lebih-tanggap-bencana-ketimbang-bnpb

(4) http://www.rimanews.com/read/20101029/4467/soal-penanganan-bencana-jk-ahlinya-bnpb-keok-boediono-tunggu-dulu

(5) http://us.detiknews.com/read/2010/10/29/160638/1478864/10/priyo-bnpb-kalah-lawan-jusuf-kalla

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: