Wirausaha Sebagai Media Pembentuk Karakter Bangsa

7 July 2011

Sabrina Adani Katili

1300710

Kuliah Studium Generale ke Sembilan diadakan pada hari Sabtu, 16 April 2011, bertempat di Aula Barat, ITB. Pembicara pada kuliah ini adalah seorang Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Erwin Aksa. Pada kesempatan kali itu, banyak sekali pelajaran yang diambil dari paparan yang diberikan.

Dua potensi besar utama yang dimiliki oleh Indonesia yaitu potensi sumberdayanya dan potensi pasarnya. Potensi pasar merupakan potensi yang tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan potensi sumber dayanya. Indonesia memiliki lebih dari 220 juta jiwa penduduknya dan seharusnya hal tersebut menjadi kekuatan pasar yang besar bagi pengusaha dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan 220 juta jiwa rakyat Indonesia. Oleh karena itu, wirausaha merupakan jalan utama untuk membangun bangsa.

Untuk menjadi pengusaha sukses diperlukan sebuah proses. Tidak ada pengusaha yang langsung menjadi besar tanpa mengikuti suatu proses. Seorang pengusaha yang baik biasanya memelakukan usahanya dari usaha kecil dimana usaha kecil tersebut akan senantiasa melakukan improvisasi menjadi usaha yang besar. Jiwa pengusaha ini juga bisa dibuat untuk membangaun karakter bangsa. Karakter-karakter yang harus ada pada seorang pengusaha antara lain, kemampuan untuk efisian dan berhemat, kejujuran, dan keberanian.

Di dalam dunia usaha, kreatifitas adalah hal yang penting. Kreatifitas adalah kunci kesuksesan wirausaha. Dalam dunia usaha begitu banyak kompetisi yang terjadi. Oleh karena itu demi keberlangsungan suatu usaha, diperlukan kreatifitas yang tinggi agar usaha tersebut memiliki keunikan tersendiri. Kreatifitas ini tidak hanya diperlukan pada awal dibangun sutu usaha tetapi juga harus selalu ada sehingga usaha tersebut ke depannya masih mampu berkompetisi.

Kemampuan untuk efisian dan berhemat adalah hal krusial yang harus dimiliki seorang pengusaha. Demi memperoleh keuntungan, seorang pengusaha harus mengefisienkan segala biaya produksi yang diperlukan. Penghematan juga tidak hanya harus dilakukan oleh seorang pengusaha. Seorang karyawan juga harus memiliki karakter hemat agar dapat mengurangi budget perusahaan. Sifat hemat ini juga akan disenangi oleh semua atasan di perusahaan dan merupakan pertimbangan salah satu media promosi bagi karyawan.

Kejujuran merupakan karakter utama yang harus dimiliki semua orang, khususnya pengusaha. Demi keberlangsungan usahanya, seorang pengusaha harus jujur pada konsumen terhadap kualitas produk yang dimilikinya. Tidak hanya kepada konsumen, seorang pengusaha juga harus jujur pada pegawai yang dipekerjakannya. Karena seorang pegawai juga harus mendapatkan kepastian gaji yang diterimanya, kepastian perusahaan dimana ia bekerja akan bertahan lama dll.Keberanian juga harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Seorang pengusaha harus berani menghitung risiko yang diambil dan tidak boleh takut akan kegagalan.

Usaha di bidang komunikasi merupakan usaha yang paling banyak memerlukan investasi. Untuk mencari investor sebuah usaha, sebaiknya investor terdiri dari beberapa orang karena kabanyakan investor tidak tertarik bila hanya sendiri berinvestasi di suatu usaha karena hal tersebut akan menyebabkan risiko usaha yang diterima cukup besar.

Ada empat asal-usul pengusaha, yaitu pengusaha yang lahir dari keluarga pengusaha, pengusaha yang lahir dari profesional, pengusaha yang lahir dari kampus, dan pengusaha yang lahir dari bisnis pemula. Oleh karena itu jalan untuk menjadi seorang pengusaha besar masih terbuka luas bagi setiap mahasiswa. Kuliah Studium Generale yang diberikan oleh Bapak Erwin Aksa sangat segar dan membuka luas wawasan mahasiswa. Bapak Erwin Aksa juga menghimbau mahasiswa agar terus berprestasi dan terus menghadapi tantangan yang ada.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: